AD & ART BUMDes

Bahwa dalam rangka memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat dan upaya meningkatkan kemampuan keuangan pemerintah desa  dalam penyelenggaraan pemerintahan serta  meningkatkan pendapatan masyarakat melalui berbagai kegiatan usaha ekonomi masyarakat perdesaan, dipandang perlu mendirikan Badan Usaha Milik Desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa yang ada.

Badan Usaha Milik Desa yang selanjutnya disebut BUMDes, didirikan berdasarkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan  Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan, dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa. Peraturan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu Nomor 7 Tahun 2009 tentang Badan Usaha Milik Desa dan Peraturan Desam Miau Merah Nomor 06 Tahun 2016 tentang Pembentukan Badan Usaha Milik Desa.

BUMDes adalah usaha ekonomi antar desa yang dibentuk berdasarkan peraturan kepala desa yang kepemilikan modal dan pengelolaannya dilakukan oleh pemerintah desa yang bekerja sama dan masyarakat. Ada pun jenis usaha berupa pelayanan social ekonomi desa, seperti usaha jasa pengelolaan listrik desa, pengelolaan air bersih desa, penyaluran Sembilan bahan pokok, perdagangan hasil pertanian, usaha perikanan, perkebunan, peternakan serta industry dan kerajinan rumah tangga, dan lain-lain.

Download : Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga